ALAT PENDETEKSI KADAR GAS (CO & HC) MELALUI MONITORING APLIKASI DI GEDUNG PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR

KURNIAWAN, NIZAM (2023) ALAT PENDETEKSI KADAR GAS (CO & HC) MELALUI MONITORING APLIKASI DI GEDUNG PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
20031051-KKW-ABSTRAK.pdf

Download (517kB)
[img] Text (BAB 1)
20031051-KKW-BAB_1.pdf

Download (64kB)
[img] Text (BAB 2)
20031051-KKW-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
20031051-KKW-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
20031051-KKW-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (938kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
20031051-KKW-BAB_5.pdf

Download (63kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
20031051-KKW-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB) | Request a copy

Abstract

Pada pengujian kendaraan bermotor yang dilakukan di gedung pengujian, terdapat banyak polusi udara yang disebabkan oleh emisi gas buang dari kendaraan yang sedang diuji. Upaya untuk mengurangi emisi gas buang yang berbahaya yaitu dengan penggunaan alat untuk mengukur kadar gas dalam ruangan dan penggunaan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dengan menggunakan exhaust fan sebagai pengurai kadar gas yang ada pada gedung pengujian. Pada penelitian ini membahas tentang alat pendeteksi kadar gas CO dan HC melalui monitoring aplikasi pada gedung Pengujian Kendaraan Bermotor. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan metode penelitian Research and Development (RnD). Metode ini digunakan untuk menghasilkan suatu produk berupa alat, pada alat ini menggunakan exhaust fan dan pendeteksian kadar gas yang berbasis arduino uno dengan aplikasi Blynk yang digunakan untuk monitoring kadar gas. Pengumpulan data berupa observasi secara langsung dan dokumentasi. Pada uji coba pengujian alat akan dilakukan di dua Gedung Pengujian Kendaraan Bermotor yang berbeda. Pada penilaian validasi alat dilakukan dilakukan oleh validator dengan mengisi lembar validasi. Hasil uji coba penggunaan alat pada kedua gedung terdapat perbedaan pada hasil deteksi kadar gas CO HC. UPTD PKB Kota Tangerang Selatan dengan rata-rata nilai CO: 2,92ppm HC: 101,8ppm. Sedangkan pada UPTD PKB Kota Tangerang dengan rata-rata nilai CO: 2,14ppm HC: 79,1ppm dan diketahui pukul 08.30 hingga pukul 11.15 terdeteksi berbahaya, sedangkan pukul 11.30 hingga pukul 14.00 terdeteksi aman. Untuk hasil proses validasi yang dilakukan oleh validator mendapatkan nilai 92% dengan kategori sangat layak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengujian Kendaraan Bermotor, Pendeteksi Kadar Gas, Exhaust Fan,Kadar Gas CO dan HC
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif
Depositing User: NIZAM KURNIAWAN
Date Deposited: 08 Aug 2023 07:05
Last Modified: 08 Aug 2023 07:05
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1667

Actions (login required)

View Item View Item