ANALISIS DAMPAK PEMBANGUNAN EXIT TOL NGAWEN TERHADAP KINERJA LALU LINTAS DI KABUPATEN KLATEN

YUNANTA, OCTA ADITHYA ILYAS (2023) ANALISIS DAMPAK PEMBANGUNAN EXIT TOL NGAWEN TERHADAP KINERJA LALU LINTAS DI KABUPATEN KLATEN. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
19010678-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (723kB)
[img] Text (BAB 1)
19010678-SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (172kB)
[img] Text (BAB 2)
19010678-SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (809kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
19010678-SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
19010678-SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
19010678-SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (177kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
19010678-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kabupaten Klaten merupakan salah satu wilayah yang terkena dampak oleh adanya pembangunan Jalan Tol Yogyakarta – Solo pada Exit Tol Ngawen yang direncanakan akan rampung pada tahun 2025. Adanya pembangunan Exit Tol ini tentunya akan memberikan dampak penambahan volume lalu lintas yang nantinya akan menurunkan kinerja lalu lintas pada area di sekitarnya di sekitarnya. Selain itu pertumbuhan kendaraan bermotor Kabupaten Klaten setiap tahunnya akan ikut memperparah kemacetan yang terjadi akibat beroperasinya Exit Tol Ngawen, Kabupaten Klaten. Analisis dampak lalu lintas pada pembangunan Exit Tol Ngawen Kabupaten Klaten, memprediksi besaran volume lalu lintas yang terjadi, membandingkan kinerja ruas jalan maupun simpang yang terdampak, serta memberikan saran peningkatan prasarana lalu lintas untuk menunjang kinerja lalu lintas yang ada. Metode yang digunakan meliputi analisis kapasitas jalan dengan PKJI 2023, kecepatan kendaraan sesaat dengan pengambilan sampel menggunakan slovin, forecasting dengan menggunakan trend linier dengan penyeimbangan matriks menggunakan metode detroit, serta pemodelan do something. Dari hasil kajian didapatkan hasil kinerja lalu lintas pada kondisi (Do-Nothing) pada tahun 2028 di Jalan Jatinom memiliki nilai visi rasio 1,1287 nilai LOS F dan pada Jalan Ki Ageng Gribig memiliki nilai visi rasio 1,1083 nilai LOS F, sedangkan untuk kinerja simpang tak bersinyal untuk tundaan rata-rata 24,24 det/smp dengan nilai LOS C. Untuk kondisi (Do-Something), dilakukan sekenario ke-2 perubahan tipe simpang dan pelebaran ruas jalan kerena memiliki nilai derajat kejenuhan lebih baik 184% dri sekenario ke-1. Pada simpang diterapkan sekenario ke-1 dengan pelebaran pendekat simpang dengan nilai tundaan 9,11 smp/detik dengan tingkat pelayanan B.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kinerja lalu lintas, Forecasting, Dampak lalu lintas
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: 19.01.0678 19.01.0678
Date Deposited: 08 Aug 2023 06:56
Last Modified: 08 Aug 2023 06:56
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1657

Actions (login required)

View Item View Item