ANALISIS RUTE OPTIMAL UNTUK MOBILISASI KORBAN KECELAKAAN LALU LINTAS BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (STUDI KASUS DI KABUPATEN SIDOARO)

ALTHAFANI, FADHILA RAHMA (2023) ANALISIS RUTE OPTIMAL UNTUK MOBILISASI KORBAN KECELAKAAN LALU LINTAS BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (STUDI KASUS DI KABUPATEN SIDOARO). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
19010603-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (931kB)
[img] Text (BAB 1)
19010603-SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (117kB)
[img] Text (BAB 2)
19010603-SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
19010603-SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
19010603-SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
19010603-SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (123kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
19010603-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pentingnya pengembangan rute evakuasi korban kecelakaan berbasis Sistem Informasi Geografis (SIG) di Kabupaten Sidoarjo. Hal ini disebabkan oleh pertumbuhan penduduk yang tinggi, kepadatan lalu lintas, dan fluktuasi jumlah kecelakaan lalu lintas di daerah tersebut. Rute evakuasi yang optimal dapat membantu meningkatkan keselamatan korban kecelakaan dengan memberikan penanganan yang cepat dan tepat. Metode analisis karakteristik kecelakaan, analisis lokasi rawan kecelakaan menggunakan EAN dan analisis rute optimal menggunakan Network Analyst Tool. Metode analisis karakteristik kecelakaan, analisis lokasi rawan kecelakaan menggunakan EAN dan analisis rute optimal menggunakan Network Analyst Tool.Hasil analisis karakteristik kecelakaan di Kabupaten Sidoarjo pada periode 2017-2021. Kecelakaan di Kabupaten Sidoarjo (2017-2021) cenderung terjadi pada pagi hari. Korban paling banyak berusia 16-30 tahun, kebanyakan karyawan. Sepeda motor adalah kendaraan yang sering terlibat, tipe tabrakan depan samping umum, dan mayoritas korban laki-laki dengan luka ringan. Metode EAN mengidentifikasi 4 lokasi rawan kecelakaan, sementara Network Analyst Tool menemukan 8 rute optimal ke lokasi pelayanan kesehatan. Pentingnya pengembangan rute evakuasi korban kecelakaan berbasis Sistem Informasi Geografis (SIG) di Kabupaten Sidoarjo karena pertumbuhan penduduk yang tinggi, kepadatan lalu lintas, dan fluktuasi jumlah kecelakaan. Rute evakuasi yang optimal dapat meningkatkan keselamatan korban dengan penanganan yang cepat. Analisis karakteristik kecelakaan menunjukkan pola waktu kecelakaan pada pagi hari, mayoritas korban berusia 16-30 tahun, sebagian besar adalah karyawan, dan sepeda motor menjadi kendaraan paling sering terlibat. Metode EAN mengidentifikasi 4 lokasi rawan kecelakaan, sementara Network Analyst Tool menemukan 8 rute optimal menuju lokasi pelayanan kesehatan. Dengan demikian, pengembangan rute evakuasi berbasis SIG dapat memberikan manfaat signifikan untuk keselamatan korban kecelakaan di Kabupaten Sidoarjo.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Karakteristik Kecelakaan, Lokasi Rawan Kecelakaan, GIS, Rute Optimal
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: 19.01.0603 19.01.0603
Date Deposited: 07 Aug 2023 03:25
Last Modified: 07 Aug 2023 04:36
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1625

Actions (login required)

View Item View Item