MANAJEMEN REKAYASA LALU LINTAS DENGAN PEMODELAN SOFTWARE VISSIM DI SIMPANG GALAXY KOTA BEKASI

FIRDAUS, MUHAMMAD NAFIL ROSYAD (2023) MANAJEMEN REKAYASA LALU LINTAS DENGAN PEMODELAN SOFTWARE VISSIM DI SIMPANG GALAXY KOTA BEKASI. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
19010674-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (366kB)
[img] Text (BAB 1)
19010674-SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (120kB)
[img] Text (BAB 2)
19010674-SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
19010674-SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
19010674-SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
19010674-SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (122kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
19010674-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Simpang Galaxy Kota Bekasi adalah simpang 4 bersinyal dua fase dengan pengalihan arus lalulintas yang menyebabkan jarak tempuh kendaraan sangat jauh serta menambah beban arus lalulintas sebesar 32% dari total kendaraan jalan taman galaxy yang masuk simpang pada jalan menuju Jakarta dan gerbang masuk tol Becakayu. Selain terjadi permasalahan pada kondisi lalu lintasnya, pengalihan arus ini memunculkan konflik lalulintas pada U-Turn Mitra 10 dan U-Turn PKS dibuktikan dengan data kecelakaan POLRES Kota Bekasi yang menunjukkan jalan tersebut merupakan daerah rawan kecelakaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja Simpang Galaxy Kota Bekasi dengan menggunakan metode Pedoman Kapasitas Jalan Indoensia 2023 dan pemodelan software VISSIM untuk menentukan rekomendasinya. Tingkat keselamatan dianalisis menggunakan SSAM untuk mengukur jumlah konflik pada model eksisting dan model rekomendasi. Alternatif penanganan ini menerapakan pengaktifan APILL pada pendekat selatan dan utara pada skenario pertama, dan pengaktifan APILL pendekat selatan dengan tetap mengalihkan arus dari pendekat utara untuk skenario kedua, serta menerapkan skenario kedua dengan melakukan pelebaran jalan tiga meter pada pendekat barat untuk skenario ketiga. Alternatif penanganan yang dipilih adalah skenario ketiga yaitu penerapan APILL tiga fase dengan menerapakan flashing amber untuk kendaraan dari barat lurus dan mengalihkan arus dari utara dengan waktu siklus 100 detik. Dari pemberlakuan skenario tiga ini dapat menurunkan konflik pada U-Turn Mitra 10 serta pembebanan lalulintas sebesar 477 kendaraan/jam pada jalan menuju Jakarta. Pemberlakuan skenario ini menyebabkan panjang antrian rata-rata 51,92 meter dan tundaan rata-rata 31,36 detik/kendaraan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Vissim, SSAM, kinerja lalu lintas, pemodelan, Simpang Galaxy
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: 19.01.0674 19.01.0674
Date Deposited: 07 Aug 2023 02:22
Last Modified: 07 Aug 2023 02:22
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1622

Actions (login required)

View Item View Item