INSPEKSI KESELAMATAN JALAN DENGAN METODE HAZARD IDENTIFICATION AND RISK ASSESSMENT (HIRA) (STUDI KASUS DI JALAN TOL SURABAYA - GEMPOL)

RISKIANI, TASYA (2022) INSPEKSI KESELAMATAN JALAN DENGAN METODE HAZARD IDENTIFICATION AND RISK ASSESSMENT (HIRA) (STUDI KASUS DI JALAN TOL SURABAYA - GEMPOL). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
18.01.0566 -SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (296kB)
[img] Text (BAB 1)
18.01.0566 -SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (75kB)
[img] Text (BAB 2)
18.01.0566 -SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] Text (BAB 3)
18.01.0566 -SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB)
[img] Text (BAB 4)
18.01.0566 -SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (876kB)
[img] Text (BAB 5)
18.01.0566 -SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (64kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
18.01.0566-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (810kB)

Abstract

Berdasarkan hasil analisis data kecelakaan jalan Tol Surabaya – Gempol selama 3 (tiga) tahun terakhir, KM 11 – 12 Jalur A dan KM 05 – 06 Jalur B menempati peringkat Pertama daerah rawan kecelakaan setiap Jalur di jalan Tol Surabaya – Gempol. Perlengkapan jalan dan jalan yang memadai di perlukan untuk meningkatkan keselamatan jalan. Upaya peningkatan keselamatan jalan dilakukan dengan Inspeksi Keselamatan Jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil upaya peningkatan keselamatan jalan dengan mengidentifikasi hazard dan tingkat risiko, selanjutnya diberikan usulan penanganan untuk menciptakan jalan yang berkeselamatan. Metode untuk menilai tingkat risiko dalam penelitian ini adalah Hazard Identification Risk Assessment (HIRA) yaitu metode menilai tingkatan risiko berdasarkan tingkat kemungkinan terjadinya suatu risiko dan tingkat keparahan terjadinya riisiko. Hasil analisis dan pembahasan penelitian ini adalah terkait perlengkapan jalan yang masih layak maupun kurang layak. HIRA yang ditemukan di KM 11 – 12 Jalur A terdapat 14 temuan hazard dan di KM 05 – 06 Jalur B terdapat 22 temuan hazard . Upaya peningkatan keselamatan di KM 11 – 12 Jalur A dan di KM 05 – 06 Jalur B yaitu dengan metode penegakan hukum, metode edukasi, dan metode rekayasa. Kata Kunci: Keselamatan, Hazard, Potensi, Inspeksi Keselamatan Jalan

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keselamatan, Hazard, Potensi, Inspeksi Keselamatan Jalan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: 18.01.0566 18.01.0566
Date Deposited: 08 Aug 2022 08:10
Last Modified: 11 Aug 2022 04:13
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/159

Actions (login required)

View Item View Item