ARAFEE, RISQI IJLAL (2023) PENANGANAN LOKASI RAWAN KECELAKAAN DI KOTA BOGOR (STUDI KASUS: JALAN RAYA TAJUR). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
19010645-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf Download (712kB) |
|
Text (BAB 1)
19010645-SKRIPSI-BAB_1.pdf Download (480kB) |
|
Text (BAB 2)
19010645-SKRIPSI-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (933kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
19010645-SKRIPSI-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (363kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
19010645-SKRIPSI-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (609kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
10010645-SKRIPSI-BAB_5.pdf Download (375kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
19010645-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (861kB) | Request a copy |
Abstract
Jalan raya tajur dengan kondisi jalan memliki turunan landai dan jalan yang lurus. Jalan raya tajur mempunyai kondisi geometrik dan jalan yang ramai membuat jalan ini berbahaya untuk dilalui oleh pengendara mobil dan sepeda motor sehingga banyak terjadi kasus kecelakaan. Tujuan penelitian untuk mengetahui karakteristik dan penyebab kecelakaan dijalan raya tajur, titik yang sering terjadi kecelakaan, dan rekomendasi untuk penanganan lokasi rawan kecelakaan di jalan raya tajur. Metode penelitian dengan cara mengumpulkan data primer yang kemudia didata dan dibuat menjadi road accident mapping dengan bantuan google earth pro dan data sekunder. Data sekunder berupa data penyebab kecelakaan, fatalitas kecelakaan, fatalitas korban, tipe kecelakaan, waktu terjadinya, dan kendaraan yang terlibatkecelakaan. Data primer berupa data volume lalu lintas, data kecepatan kendaraan, data geometrik jalan ruaas tajur, dan data inventarisasi di ruas jalan raya tajur. Data kecelakaan dianalisis dengan cara menggolongkan jenis-jenis kecelakaan, jumlah korban kecelakaan, kerugian material, dan presentase penyebab kecelakaan. Analisis data volume lalu lintas dan Data kecepataan sesaat menggunakan rumus dari PKJI. Analisis Data inventarisasi jalan dan geomertik jalan menggunakan inspeksi kecelakaan. Berdasarkan hasil pengolahan data, karakteristik kecelakaan yang sering terjadi di ruas Jalan Raya Tajur adalah tabrak depan-depan dan hasil perhitungan persentil 85 jalan tajur 41 km/jam. Dengan upaya penanganan dari segitu perlengkapan jalannya yaitu pemasangan rambu peringatan hati-hati, rambu peringatan penyebrangan, rambu dilarang berhenti, peringatan batas kecepatan maksimal, penerangan jalan umum, pergantian lampu warning light, dan pengecatan ulang marka. Sedangkan penanganan dari geometriknya yaitu penambahan median jalan, pengaspalan ulang jalan yang rusak atau berlubang, dan penambahan rumble strip.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Jalan raya tajur, PKJI, road accident mapping, penanganan LRK |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan |
Depositing User: | 19.01.0645 19.01.0645 |
Date Deposited: | 31 Jul 2023 03:29 |
Last Modified: | 31 Jul 2023 03:29 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1510 |
Actions (login required)
View Item |