NURHIDAYATI, ICA FRISKY (2023) ANALISIS BAHAYA DAN PENILAIAN RISIKO DENGAN METODE HIRARC DAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) (STUDI KASUS RUAS JALAN KEDIRI-WATES KABUPATEN KEDIRI). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
190106667-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf Download (582kB) |
|
Text (BAB 1)
190106667-SKRIPSI-BAB_1.pdf Download (72kB) |
|
Text (BAB 2)
190106667-SKRIPSI-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (183kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
190106667-SKRIPSI-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (390kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
190106667-SKRIPSI-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
190106667-SKRIPSI-BAB_5.pdf Download (72kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
190106667-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (881kB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan hasil analisis data kecelakaan yang berasal dari Polres Kota Kediri selama 5 (lima) tahun terakhir dan dari wawancara warga sekitar, jalan Kediri Wates menjadi jalan yang masuk dalam daerah rawan kecelakaan di Kabupaten Kediri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab kecelakaan yang ada pada daerah rawan kecelakaan, mengidentifikasi dan melakukan penilaian hazard yang selanjutnya diberikan usulan penanganan. Metode yang digunakan untuk mengetahui penyebab kecelakaan yang terjadi di jalan Kediri Wates yaitu Fault Tree Analisys. Untuk memenilai tingkat risiko dalam penelitian ini menggunakan HIRARC (Hazard Identification Risk Assessment and Risk Control). Selanjutnya hasil dari penilaian dan pengendalian risiko HIRARC di analisis untuk mengetahui prioritas penanganan menggunakan metode Analitycal Hierarchy Proccess (AHP) dengan bantuan software expert choice. Hasil dan pembahasan pada penelitian ini yaitu penyebab kecelakaan pada jalan Kediri – Wates disebabkan karena mengantuk, mabuk, jalan licin karena hujan, ban pecah, rantai putus, dan belum tersedianya perlangkapan jalan. Untuk identifikasi hazard terdapat 13 temuan hazard dengan 8 risk level low, 1 risk level moderate, 2 risk level high. 2 risk level extreme. Hasil dari prioritas penanganan didapatkan bahwa perlengkapan jalan lebih di prioritaskan dengan prioritas pertama yaitu rumble strip. Usulan penanganan yang diberikan yaitu diuraikan berdasarkan metode FTA, HIRARC dan AHP.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Daerah Rawan Kecelakaan, Hazard, Fault Tree Analisys, Hazard Identification Risk Assessment and Risk Control, Analitycal Hierarchy Proccess |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan |
Depositing User: | 19.01.0667 19.01.0667 |
Date Deposited: | 04 Aug 2023 02:06 |
Last Modified: | 04 Aug 2023 02:06 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1507 |
Actions (login required)
View Item |