ANJANI, MIRA NANDYA (2020) KAJIAN PERENCANAAN LAJUR KHUSUS SEPEDA MOTOR (STUDI KASUS : JALAN SUNSET ROAD KUTA, BALI). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
16010303_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf Download (838kB) |
|
Text (BAB 1)
16010303_SKRIPSI_BAB 1.pdf Download (384kB) |
|
Text (BAB 2)
16010303_SKRIPSI_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB 3)
16010303_SKRIPSI_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (594kB) |
|
Text (BAB 4)
16010303_SKRIPSI_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (BAB 5)
16010303_SKRIPSI_BAB 5.pdf Download (529kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
16010303_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Tingkat mobilitas penduduk di wilayah Kabupaten Badung tergolong tinggi. Kondisi tersebut tidak diimbangi dengan prasarana dan sarana jalan serta transportasi publik yang memadai. Dikarenakan wilayah Badung termasuk salah satu wilayah dengan tingkat pariwisata yang tinggi di Provinsi Bali, membuat kondisi lalu lintas semakin padat, hal tersebut membuat masyarakat beralih menggunakan sepeda motor. Jumlah sepeda motor di Jalan Sunset Road sangat tinggi dilihat dari proporsi sepeda motor di jalan tersebut mencapai lebih dari 50% dalam komposisi lalu lintas masing-masing segmen, ditambah 72% kejadian kecelakaan pada ruas Jalan Sunset Road pada tahun 2018-2019 melibatkan sepeda motor. Untuk meningkatkan keselamatan dan ketertiban pergerakan kendaraan terutama pada sepeda motor, maka penerapan lajur khusus sepeda motor perlu di terapkan pada ruas Jalan Sunset Road. Metode yang digunakan dalam penentuan lajur khusus menggunakan pedoman kriteria lajur sepeda motor. Berdasarkan hasil analisis dan simulasi menggunakan aplikasi vissim, penerapan lajur khusus sepeda motor dapat mempersingkat waktu perjalanan,pada kondisi eksisting waktu perjalanan sepeda motor pada segmen ruas jalan Sunset Road yang memiliki panjang 1,3 km di tempuh dalam waktu 50 detik setelah penerapan lajur khusus sepeda motor menjadi 47 detik. Selain itu, jumlah konflik lalu lintas ruas jalan menurun dari 90 konflik menjadi 9 konflik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lajur Sepeda Motor, Keselamatan, Konflik Lalu Lintas |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan |
Depositing User: | Admin TO |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 03:20 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 03:20 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1478 |
Actions (login required)
View Item |