KERTAS KERJA WAJIB PENGARUH JENIS BAN DAN TEKANAN ANGIN SERTA KEDALAMAN ALUR KEMBANG BAN TERHADAP EFFISIENSI PENGEREMAN

MUSTIKA, MELISYA RETRI (2021) KERTAS KERJA WAJIB PENGARUH JENIS BAN DAN TEKANAN ANGIN SERTA KEDALAMAN ALUR KEMBANG BAN TERHADAP EFFISIENSI PENGEREMAN. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
18030501-KKW-ABSTRAK.pdf

Download (393kB)
[img] Text (BAB 1)
18030501-KKW-BAB 1.pdf

Download (199kB)
[img] Text (BAB 2)
18030501-KKW-BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB)
[img] Text (BAB 3)
18030501-KKW-BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB)
[img] Text (BAB 4)
18030501-KKW-BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[img] Text (BAB 5)
18030501-KKW-BAB 5.pdf

Download (194kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
18030501-KKW-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB)

Abstract

Salah satu persyaratan teknis adalah susunan yang didalamnya terdapat sistem roda-roda yaitu ban. Dalam penggunaannya ban dapat menjadi salah satu penyebab kecelakaan. Pada kendaraan terdapat sistem yang berfungsi untuk menghentikan atau mengurangi kecepatan pada kendaraan yaitu sistem rem. Keamanan dan kenyamanan menjadi hal yang terpenting dalam berkendara. Ketika kendaraan berkeselamatan, maka akan terwujud lah keamanan dan kenyaman untuk pengendara dan pengguna jalan lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ban terhadap effisiensi pengereman. Dalam penelitian ini penulis meneliti pengaruh jenis ban, kedalaman alur ban dan tekanan ban terhadap effisiensi pengereman. Pada jenis ban penulis membagi menjadi dua yaitu ban radial dan ban bias. Tekanan ban dengan berbagai variasi dan kedalaman alur ban dengan berbagai variasi. Metode yang digunakan adalah dengan mengolah data menggunakan SPSS. Hasil effisiensi pengereman terhadap ban bias maupun ban radial berpengaruh signifikan. Hal tersebut disebabkan oleh daya cengkeram ban pada permukaan roller pada brake tester berbeda.Hasil effisiensi pengereman pada tekanan angin yang berbeda berpengaruh signifikan. Pada tekanan angin ban yang terlalu tinggi maka permukaan ban yang bersinggungan dengan roller semakin kecil sehingga daya cengkeram ban terhadap roller pun semakin kecil. Dan sebaliknya semakin pada tekanan angin ban yang terlalu rendah maka permukaan ban yang bersinggungan dengan roller pada brake tester pun semakin besar.Kedalaman alur ban berpengaruh terhadap effisiensi pengereman. Kedalaman alur ban yang sudah aus maka daya cengeram terhadap permukaan roller pada brake tester akan menurun dan sebaliknya kedalaman alur ban yang sesuai maka daya cengkeram pada permukaan roller akan baik dan mengoptimalkan hasil pengereman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Effisiensi pengereman, ban, tekanan angin, kedalaman alur ban, jenis ban.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif
Depositing User: Admin TO
Date Deposited: 25 Jul 2023 03:43
Last Modified: 25 Jul 2023 03:43
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1440

Actions (login required)

View Item View Item