PEMASTIAN PERSYARATAN TEKNIS MOTOR PENGGERAK DAN PENILAIAN KELAIKAN JALAN KANDUNGAN CO/HC PADA PENGUJIAN MESIN BENSIN DI SEKSI PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR KOTA PALANGKA RAYA

SYIFA, MOHAMAD IBNU (2020) PEMASTIAN PERSYARATAN TEKNIS MOTOR PENGGERAK DAN PENILAIAN KELAIKAN JALAN KANDUNGAN CO/HC PADA PENGUJIAN MESIN BENSIN DI SEKSI PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR KOTA PALANGKA RAYA. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
17030438-KKW-ABSTRAK.pdf

Download (159kB)
[img] Text (BAB 1)
17030438-KKW-BAB 1.pdf

Download (81kB)
[img] Text (BAB 2)
17030438-KKW-BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] Text (BAB 3)
17030438-KKW-BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[img] Text (BAB 4)
17030438-KKW-BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (828kB)
[img] Text (BAB 5)
17030438-KKW-BAB 5.pdf

Download (74kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
17030438-KKW-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB)

Abstract

Gas buang kendaraan bermotor menyebabkan ketidak nyamanan pada orang yang berada di sekitar jalan dan menyebabkan masalah pencemaran udara serta dampak pada kesehatan yang disebabkan oleh adanya terakumulasi cemaran udara dari hari ke hari. Gangguan kesehatan pada titik tertinggi yang dapat ditimbulkan adalah seperti kangker pada paruparu atau organ tubuh lainnya, penyakit pada tenggorokan yang bersifat akut maupun kronis, dan kondisi yang diakibatkan karena pengaruh bahan pencemar terhadap organ lain seperti paru, atau misalnya sistem syaraf. Oleh karena itu, dibutuhkan kesadaran tinggi bagi pengendara kendaraan bermotor untuk mengurangi emisi gas buang yang dapat menimbulkan polusi udara yang tidak diinginkan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode penelitian tindakan, deskriptif kualitatif. Penelitian tindakan ini merupakan penelitian untuk memperbaiki situasi terbatas yang sedang berlangsung, data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode deskriptif Kualitatif adalah analisis data yang bersifat alamiah/naturalistic yang dikumpulkan dari data empiris yang kemudian dari data tersebut ditemukan adanya pola atau tema yang selanjutnya dapat dikembangkan menjadi sebuah teori. Pada penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa uji emisi bukan hanya dimaksudkan untuk mendapatkan data emisi kendaraan yang diuji dan membandingkannya dengan baku mutu emisi. Tapi yang lebih penting lagi adalah menganalisis kondisi mesin berdasarkan hasil uji emisi tersebut karena emisi gas buang menggambarkan kinerja mesin kendaraan dan pemilik kendaraan harus mengetahui bahwa emisi yang berlebihan berarti pemborosan bahan bakar, jangka waktu perawatan kendaraan menjadi lebih pendek dan oli pelumas mesin harus cepat diganti. Apabila kondisi ini dibiarkan mesin akan cepat rusak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penilaian kelaikan jalan CO/HC, Emisi gas buang
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif
Depositing User: Admin TO
Date Deposited: 25 Jul 2023 03:43
Last Modified: 25 Jul 2023 03:43
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1429

Actions (login required)

View Item View Item