PERANCANGAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR PENGUJIAN SISTEM REM GUNA PEMERIKSAAN TEKNIS DAN KELAIKAN JALAN KENDARAAN BERMOTOR

HAKIM, JANUARKO ARIF RAHMAN (2019) PERANCANGAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR PENGUJIAN SISTEM REM GUNA PEMERIKSAAN TEKNIS DAN KELAIKAN JALAN KENDARAAN BERMOTOR. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
16030316-KKW-ABSTRAK.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB 1)
16030316-KKW-BAB 1.pdf

Download (521kB)
[img] Text (BAB 2)
16030316-KKW-BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 3)
16030316-KKW-BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB)
[img] Text (BAB 4)
16030316-KKW-BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB 5)
16030316-KKW-BAB 5.pdf

Download (616kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16030316-KKW-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat konsep pedoman pengujian sistem rem yang didasarkan pada hasil pengamatan penulis bahwa pelaksanaan pengujian sistem rem belum dilakukan secara optimal di Pengujian Sarana Tandes Surabaya. Berdasarkan pengamatan ini penulis juga memberikan rekomendasi pengembangan pengujian sistem rem dengan memperhatikan referensi dari regulasi Negara Australia yaitu National Heavy Vehicle Regulation serta hasil dari penelitian perbandingan pengujian rem statis dan pengujian rem dinamis. Penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan studi kasus pada pengujian sistem rem pada kendaraan Hino Dutro 110 LD. Ada tiga tahapan dalam pengujian rem yang penulis rekomendasikan, yang pertama penulis menyusun standar operasional prosedur pemeriksaan teknis dengan menambahkan diagnosis instrumen serta komponen kendaraan dengan melakukan wawancara penguji terhadap pengemudi untuk mengetahui kondisi riwayat perawatan dan perbaikan sebagai penunjang menentukan kondisi teknis kendaraan. Kemudian yang kedua dalam pengujian rem statis (brake test) penulis membuat rekomendasi tambahan dalam penerapan SOP agar penguji memahami dalam pengambilan data yang terdapat faktor – faktor yang mempengaruhi hasil brake test sehingga hasil dapat sesuai kondisi kendaraan. Yang ketiga penulis menyusun pengembangan pengujian rem dengan menambahkan SOP pengujian sistem rem dinamis (road test) di akhir proses pengujian rem jika dalam pemeriksaan teknis terdapat ketidaksesuaian riwayat perawatan dan perbaikan kendaraan sehingga adanya proses pengujian rem dinamis (road test) berguna dalam validasi hasil pengujian sistem rem. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat membuat penguji agar melakukan pekerjaannya secara optimal sesuai keahliannya sehingga hasil uji menjadi berkualitas dan dapat dipertanggung jawabkan serta penguji dapat mengatasi apabila terjadi suatu permasalahan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemeriksaan teknis, Penilaian kelaikan jalan, Pengujian sistem rem statis (brake test), Pengujian sistem rem dinamis (road test).
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif
Depositing User: Admin TO
Date Deposited: 24 Jul 2023 03:33
Last Modified: 24 Jul 2023 03:33
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1410

Actions (login required)

View Item View Item