SANTOSO, AGUS (2019) ANALISIS HASIL UJI EFISIENSI REM PADA BRAKE TESTER PENGARUH DARI PERKERASAN JALAN DENGAN ALAT BANTU DECELEROMETER. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
16030300-KKW-ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB 1)
16030300-KKW-BAB 1.pdf Download (389kB) |
|
Text (BAB 2)
16030300-KKW-BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (537kB) |
|
Text (BAB 3)
16030300-KKW-BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (978kB) |
|
Text (BAB 4)
16030300-KKW-BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (524kB) |
|
Text (BAB 5)
16030300-KKW-BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (470kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
16030300-KKW-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Pada pengujian teknis dimana pengujian menggunakan alat uji sering mengalami kendala yaitu kerusakan yang menyebabkan alat uji tidak dapat digunakan. Banyak penyebab antara lain kurangnya perawatan dan pemeliharaan rutin terhadap alat uji, kurangnya SDM (Sumber Daya Manusia) yang kompeten dalam pemeliharaan alat uji, penggunaan alat yang tidak sesuai SOP (Standar Operasional Prosedur) dan tidak dilakukannya kalibrasi secara berkala. Untuk mengatasi kendala tersebut, dalam kegiatan pengujian khususnya pengujian rem dapat dilakukan dengan cara Road Test (tes jalan) dibantu dengan Decelerometer , sebagai alat uji rem alternative ketika alat uji rem mekanis digedung uji rusak, serta penggunaan alat ini dapat dipakai saat pengujian keliling untuk menambah jumlah KBWU di daerah yang relative jauh dari UPT Pengujian. Selain memiliki kelebihan, pengujian dengan cara ini memiliki kekurangan yaitu dibutuhkannya jalan panjang dan lurus. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini metode penelitian eksperimen set up, dalam pelaksanaan penelitian ini penulis mengumpulkan data hasil eksperimen dengan cara menganalisis hasil uji rem dengan alat bantu decelerometer dengan dua permukaan jalan yang berbeda yaitu permukaan jalan aspal dan permukaan jalan beton kemudian hasil keduanya akan mengacu pada hasil dari pengujian menggunakan alat uji dari laboratorium PKB Kampus 2 Politekinik Keselamatan Transportasi Jalan Tegal. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa dengan adanya alat bantu decelerometer dalam melakukan pengujian rem dengan cara road test (tes jalan) yang dilakukan di permukaan jalan aspal dan beton lebih akurat dilakukan di permukaan jalan beton.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Decelerometer,alternative pengujian road test,permukaan jalan |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif |
Depositing User: | Admin TO |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 03:33 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 03:33 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1407 |
Actions (login required)
View Item |