RANCANG BANGUN APLIKASI RAFTROAD (TRAFFIC SAFETY ON ROAD) BERBASIS ANDROID GUNA PEMBELAJARAN KESELAMATAN BERLALULINTAS PADA REMAJA

WIJAYANTI, FIRDAUSI (2022) RANCANG BANGUN APLIKASI RAFTROAD (TRAFFIC SAFETY ON ROAD) BERBASIS ANDROID GUNA PEMBELAJARAN KESELAMATAN BERLALULINTAS PADA REMAJA. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
18.01.0489_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf

Download (374kB)
[img] Text (BAB 1)
18.01.0489_SKRIPSI_BAB 1.pdf

Download (70kB)
[img] Text (BAB 2)
18.01.0489_SKRIPSI_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (811kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
18.01.0489_SKRIPSI_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
18.01.0489_SKRIPSI_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
18.01.0489_SKRIPSI_BAB 5.pdf

Download (78kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
181.01.0489_SKRISPI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (997kB) | Request a copy

Abstract

Kecelakaan lalu lintas merupakan penyebab yang paling mendominasi terjadinya cedera di seluruh dunia. lebih dari 50 persen kecelakaan yang terjadi dalam satu tahun dialami remaja dan dewasa berusia 15-24 tahun. Tingginya presentase kematian akibat kecelakaan lalu lintas pada usia muda disebabkan oleh rendahnya persepsi terhadap risiko bahaya, hal ini berkaitan dengan pemahaman kesalamatan jalan yang seharusnya diterapkan pengendara. Salah satu upaya peningkatan keselamatan jalan yang dapat diterapkan dengan efektif yaitu dengan edukasi/pembelajaran keselamatan karena akan menekan angka kecelakaan lalu lintas sehingga efektif untuk diterapkan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan sebelumnya game edukasi merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman dengan efektif karena terdapat permainan yang menarik dan mempengaruhi sasarannya menjadi aktif. Pada penelitian ini digunakan metode research and development dan menghasilkan aplikasi raftroad yang dirancang sebagai media pembelajaran keselamatan berlalulintas pada remaja. Perancangan aplikasi dimulai dari tahap Planning, Design, Coding, Implementasi dan berakhir pada tahap Testing. Perancangan aplikasi raftroad memanfaatkan website canva, andromo dan quiziz. Sebelum perancangan aplikasi dilakukan uji validitas dan reliabilitas terhadap latihan soal yang akan diiinput pada rancang bangun aplikasi. Uji validitas dan reliabilitas menggunakan populasi siswa SMA Kabupaten Wonogiri dan didapatkan sampel berjumlah 266 responden.Hasil uji validitas dan reliabilitas terdapat 2 soal tidak valid dan 28 soal valid dan reliabel. Setelah rancang bangun aplikasi dapat berjalan dilakukan pengujian terhadap rancang bangun aplikasi dengan Uji Black Box dan Uji Usability. Semua elemen yang terdapat pada aplikasi raftroad dapat berfungsi dengan baik dan dibuktikan dengan hasil Uji Black Box. Pada Uji Usability menggunakan metode System Usability Testing (SUS) didapatkan nilai 88,6 yang termasuk pada kategori A. Traffic accidents are the most dominant cause of injury worldwide. Adolescents and adults aged 15 to 24 account for more than half of all accidents that occur in a given year. The high percentage of deaths from traffic accidents at a young age is caused by a low perception of the risk of danger. This is related to the understanding of road safety that drivers should apply. One of the efforts to improve road safety that can be implemented effectively is through safety education and learning because it will reduce the number of traffic accidents so that it is effective to implement. Based on research that has been done before, educational games are one of the learning media that can increase understanding effectively because there are games that are interesting and cause the target to be active. In this study, research and development methods were used and produced a raftroad application which was designed as a medium for learning traffic safety for adolescents. The design of the application starts with the planning, design, coding, and implementation stages and ends at the testing stage. The design of the raftroad application utilizes the Canva, Andromo, and Quiziz websites. Before designing the application, the validity and reliability tests are carried out on the practice questions that will be input in the application design. The validity and reliability test used a population of high school students in Wonogiri Regency, and a sample of 266 respondents was obtained. The results of the validity and reliability test contained 2 invalid questions and 28 valid and reliable questions. After the application design can run, testing is carried out on the application design with Black Box Test and Usability Test. All elements contained in the raftroad application can function properly and are proven by the results of the Black Box Test. In the Usability Test using the System Usability Testing (SUS) method, the score is 88.6, which is included in category A.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: keselamatan, kecelakaan, media pembelajaran,aplikasi
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: 18.01.0489 18.01.0489
Date Deposited: 10 Aug 2022 06:45
Last Modified: 10 Aug 2022 06:45
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/139

Actions (login required)

View Item View Item