ANALISIS KINERJA JALAN DAN KONFLIK LALU LINTAS PADA U-TURN DI RUAS JALAN CUT MEUTIA KOTA BEKASI

ABIDIN, ZAENAL (2022) ANALISIS KINERJA JALAN DAN KONFLIK LALU LINTAS PADA U-TURN DI RUAS JALAN CUT MEUTIA KOTA BEKASI. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
18010507-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (845kB)
[img] Text (BAB I)
18010507-SKRIPSI-BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB II)
18010507-SKRIPSI-BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (924kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
18010507-SKRIPSI-BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
18010507-SKRIPSI-BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (949kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
18010507-SKRIPSI-BAB V.pdf

Download (715kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
18010507-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (838kB) | Request a copy

Abstract

Fasilitas putaran balik atau U-Turn merupakan fasilitas yang digunakan oleh pengendara untuk melakukan gerakan putar balik menuju rute jalan yang diinginkan. Tingginya Pergerakan putar balik kendaraan dapat mempengaruhi kinerja ruas jalan akibat kendaraan yang mengantri pada lajur sehingga menyebabkan pengguna jalan terganggu baik dari arah yang sama atau berlawanan dan berpotensi menimbulkan konflik lalu lintas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja jalan dan konflik lalu lintas pada lokasi fasilitas putaran balik atau U-Turn yang terdapat di ruas Jalan Cut Meutia Kota Bekasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah perhitungan menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997, model greenshield, dan metode Swedish Traffict Conflict Technique (STCT). Analisis kinerja jalan menggunakan MKJI 1997 yang meliputi perhitungan volume lalu lintas, kecepatan arus bebas, kapasitas jalan dan derajat kejenuhan. Metode Swedish Traffict Conflict Technique dengan mengalisis nilai TA dan jarak untuk menentukan suatu konflik termasuk serious conflict atau non serious conflict. Berdasarkan hasil analisis, volume tertinggi terjadi pada hari Senin pagi pukul 07.00-08.00 sebesar 3143,95 smp/jam, kecepatan arus bebas kendaraan sebesar 51,7 km/jam, kapasitas sebesar 6.072 smp/jam dan derajat kejenuhan 0,52. Tingkat pelayanan jalan termasuk dalam kategori D, dengan kecepatan rata-rata sebesar 51 dan 50 km/jam. hasil analisis menggunkan Metode Swedish Traffict Conflict Technique didapatkan dari 124 konflik lalu lintas 76% termasuk dalam kategori serious Conflict dan 24% non serious conflict. Kecepatan rata-rata kendaraan yang terlibat dalam serious conflict sebesar 36,9 km/jam dengan jarak rata-rata kendaraan sebesar 24%. Kata kunci: U-Turn, Kinerja jalan, konflik lalu lintas, Swedish Traffict Conflict Technique (STCT)

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: U-Turn, Kinerja jalan, konflik lalu lintas, Swedish Traffict Conflict Technique (STCT)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: 18.01.0507 18.01.0507
Date Deposited: 09 Aug 2022 07:17
Last Modified: 09 Aug 2022 07:17
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/134

Actions (login required)

View Item View Item