ANALISIS RISIKO KESELAMATAN PADA RUAS JALAN WISATA KOPENG DENGAN METODE HIRARC (HAZARD IDENTIFICATION, RISK ASSESMENT AND RISK CONTROL

HALIM, FAHMI NUR (2022) ANALISIS RISIKO KESELAMATAN PADA RUAS JALAN WISATA KOPENG DENGAN METODE HIRARC (HAZARD IDENTIFICATION, RISK ASSESMENT AND RISK CONTROL. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
18.01.0522-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (361kB)
[img]
Preview
Text (BAB 1)
18.01.0522-SKRIPSI-BAB 1.pdf

Download (388kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
18.01.0522-SKRIPSI-BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (645kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
18.01.0522-SKRIPSI-BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
18.01.0522-SKRIPSI-BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (928kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
18.01.0522-SKRIPSI-BAB 5.pdf

Download (384kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
18.01.0522-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil laporan PKP 1 di Kota Salatiga, ruas jalan Kopeng Salatiga merupakan salah satu Daerah rawan kecelakaan di Kabupaten Semarang. Jalan Kopeng – Salatiga mempunyai fungsi jalan yaitu Kolektor primer, dan menjadi kawasan wisata di Kabupaten semarang. Tingginya volume lalu lintas yang ada pada ruas jalan ini, maka diperlukan jalan berkeselamatan dengan sarana prasarana jalan yang memadai, untuk meningkatkan keselamatan dengan melakukan identifikasi hazard dengan tingkat resikonya yang selanjutnya diberikan usulan penanganan untuk meningkatkan jalan yang berkeselamatan. Berdasarkan hal tersebut penulis ingin melakukan penelitian upaya peningkatan keselamatan pada ruas jalan Kopeng – Salatiga, Kawasan Wisata Kopeng dengan melakukan analisis hazard. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan penanganan pada hazard guna meningkatankan keselamatan. Metode yang digunakan dalam analisis hazard menggunakan metode menurut Mulyono dkk, 2009, dan Australian Standard/New Zealand Standard for Risk Management. Hasil analisis dan pembahasan penelitian ini adalah ditemukan bahwa kecelakaan seringkali terjadi karena menyalib melebihi marka serta dalam cuaca berkabut. Dan untuk hasil identifikasi hazard dan penilaian risiko hazard ditemukan bahwa pada metode Mulyono dkk, 2009 didapatkan hazard tidak berbahaya, dan metode AS/NZS for Risk Management didapatkan risk level medium sebesar 30%, risk level high sebesar 56% dan risk level extrem sebesar 13%. Untuk mereduksi potensi kecelakaan diusulkan penanganan pada masing masing hazard dengan indikator Eliminasi, Subtitusi, Pengendalian Administrasi, dan Rekayasa Teknik, penanganan dilakukan guna menciptakan jalan yang berkeselamatan

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keselamatan, Hazard, Metode, Penanganan
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TH Building construction
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: 18.01.0522 18.01.0522
Date Deposited: 08 Aug 2022 08:43
Last Modified: 22 Jun 2023 06:35
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/128

Actions (login required)

View Item View Item