PENGARUH KEDALAMAN ALUR TELAPAK KEMBANG BAN(TREAD) JENIS RIB DAN BLOCK TERHADAP HASIL UJI EFISIENSI REM

ANWAR, SYARIFUL (2021) PENGARUH KEDALAMAN ALUR TELAPAK KEMBANG BAN(TREAD) JENIS RIB DAN BLOCK TERHADAP HASIL UJI EFISIENSI REM. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
18030537-KKW-ABSTRAK.pdf

Download (263kB)
[img] Text (BAB 1)
18030537-KKW-BAB 1.pdf

Download (130kB)
[img] Text (BAB 2)
18030537-KKW-BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img] Text (BAB 3)
18030537-KKW-BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[img] Text (BAB 4)
18030537-KKW-BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[img] Text (BAB 5)
18030537-KKW-BAB 5.pdf

Download (111kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
18030537-KKW-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637kB)

Abstract

Data menunjukkan bahwa 80 persen kecelakaan angkutan penumpang terjadi akibat pecah ban kendaraan dan kegagalan dalam sistem pengereman. Salah satu penyebab terjadinya pecah ban dan kegagalan sistem pengereman adalah kondisi kedalaman alur ban yang tipis. Kedalaman alur yang tipis akan berakibat kurangnya daya cengkram ban terhadap pengereman di jalan. Pihak produksi ban terus melakukan perkembangan ban dengan cara membuat alur tapak kembang ban yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil dan perbedaan hasil uji efisiensi rem pada alur tapak kembang ban jenis rib dan block ditinjau dari kedalaman yang berbeda. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari alur tapak kembang jenis rib dan block dengan variasi kedalaman alur 12 mm, 5 mm, 1 mm terhadap hasil efisiensi rem pada brake tester, selanjutnya data yang didapatkan diolah dengan menggunakan aplikasi JASP dan dipaparkan dalam bentuk grafik. Didapatkan hasil pengujian efisiensi rem pada tapak kembang jenis rib dengan kondisi kedalaman alur 12 mm yaitu 80,66%, 5 mm yaitu 68,96%, 1 mm yaitu 61,18%. Hasil efisiensi rem pada tapak kembang jenis block dengan kondisi kedalaman alur 12 mm yaitu 81,04%, 5 mm yaitu 69,82%, 1 mm yaitu 60,26%. Pada penelitian ini didapatkan perbedaan hasil efisiensi rem jenis rib dan block kondisi kedalaman alur 12 mm sebesar 0,38% lebih bagus block, kondisi 5mm sebesar 0,86% lebih bagus block, dan kondisi 1mm sebesar 0,92% lebih bagus rib.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Jenis ban rib,Jenis ban block,Kedalaman alur ban,Efisiensi rem
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif
Depositing User: Admin TO
Date Deposited: 22 Jun 2023 01:47
Last Modified: 22 Jun 2023 01:47
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1249

Actions (login required)

View Item View Item