ANALISIS HASIL UJI PENGEREMAN DITINJAU DARI KEDALAMAN ALUR BAN

SYABAB, AMI KHOERUS (2020) ANALISIS HASIL UJI PENGEREMAN DITINJAU DARI KEDALAMAN ALUR BAN. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
17030456-KKW-ABSTRAK.pdf

Download (264kB)
[img] Text (BAB 1)
17030456-KKW-BAB 1.pdf

Download (117kB)
[img] Text (BAB 2)
17030456-KKW-BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img] Text (BAB 3)
17030456-KKW-BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB)
[img] Text (BAB 4)
17030456-KKW-BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img] Text (BAB 5)
17030456-KKW-BAB 5.pdf

Download (104kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
17030456-KKW-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Salah satu persyaratan teknis adalah susunan didalamnya terdapat sitem roda- roda yaitu ban. Dalam penggunaanya ban dapat menjadi salah satu penyebab kecelakaan, seperti peristiwa kecelakaan yang terjadi pada tanggal 1 November 2009 antara kereta gandengan dengan bus yang disebabkan karena ban kanan depan kereta gandengan pecah/meledak. Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menyatakan, 80 persen kecelakaan angkutan penumpang terjadi akibat pecah ban kendaraan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ban pada kendaraan-kendaraan yang beroperasi dijalan raya. Dalam penelitian ini penulis membagi tiga kategori kondisi ban dengan mempertimbangkan kedalaman alur ban-nya itu sendiri. Kondisi ban tersebut adalah bagus, sedang dan aus masing-masing memiliki kedalaman alur yang berbeda. Kedalaman alur ban kanan sebagai X1 dan kedalaman alur ban kiri sebagai X2 sedangkan hasil pengereman sebagai Y. Metode yang digunakan adalah dengan mengolah data persamaaan regresi linier pada aplikasi SPSS dan dipaparkan pada grafik. Nilai korelasi/hubungan (R) yaitu sebesar 0,973. Dari output tersebut diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,947 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel bebas yaitu kedalaman alur ban kanan (X1) dan kedalaman alur ban kiri (X1) terhadap variabel terikat yaitu hasil pengereman (Y) adalah sebesar 94%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Efisiensi pengereman, ban dan kedalaman alur ban.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif
Depositing User: Admin TO
Date Deposited: 19 Jun 2023 09:11
Last Modified: 19 Jun 2023 09:11
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1207

Actions (login required)

View Item View Item