ANALISIS TINGKAT KEPUASAAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN DI UPT PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR KABUPATEN KARANGANYAR PROVINSI JAWA TENGAH

PRATAMA, KADEK RIAN (2020) ANALISIS TINGKAT KEPUASAAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN DI UPT PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR KABUPATEN KARANGANYAR PROVINSI JAWA TENGAH. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
17030434-KKW-ABSTRAK.pdf

Download (226kB)
[img] Text (BAB 1)
17030434-KKW-BAB 1.pdf

Download (62kB)
[img] Text (BAB 2)
17030434-KKW-BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img] Text (BAB 3)
17030434-KKW-BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[img] Text (BAB 4)
17030434-KKW-BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB)
[img] Text (BAB 5)
17030434-KKW-BAB 5.pdf

Download (61kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
17030434-KKW-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)

Abstract

Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh sebuah organisasi adalah memberikan pelayanan baik kepada unit-unit kegiatan di dalam organisasi maupun kepada pihak di luar organisasi. Pelayanan yang diberikan tidak hanya sekedar memberikan bantuan terhadap kebutuhan pelanggan, tetapi juga memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelayanan di UPT Pengujian Kendaraan Bermotor Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah diukur berdasarkan kepuasan masyarakat menggunakan indeks kepuasan masyarakat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan analisis Indeks Kepuasan Masyarakat dengan hasil data dalam bentuk angka serta Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner, dan wawancara. Penelitian dilakukan di UPT Pengujian Kendaraan Bermotor yang direncanakan pada bulan Februari sampai Maret 2020. Responden berjumlah 52 masyarakat dilingkungan UPT Pengujian Kendaraan Bermotor Kabupaten Karanganyar. Teknik sampling yang digunakan adalah Accidental sampling dimana responden dipilih secara kebetulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan di UPT Pengujian Kendaran Bermotor Kabupaten Karanganyar sudah baik dengan mendapat nilai IKM sebesar 79,12 dengan mutu pelayanan berada pada tingkat “B” (baik). Ditemukan 1 unsur mendapat nilai A, 4 unsur mendapat nilai B, dan 4 unsur mendapat nilai C. Unsur yang mendapat nilai C adalah persyaratan, waktu penyelesaian, biaya/tarif, dan penanganan pengaduan, saran dan masukan. Terdapat kekurangan pada unsur persyaratan untuk informasi persyaratan yang hanya terdapat atau tertempel didinas saja. Untuk unsur waktu penyelesaian berupa sering terjadi gangguan jaringan internet dan antrian panjang ketika alat uji lagi bermasalah. Unsur tarif/biaya berupa pembayaran melalui transfer hanya bisa via bank Jateng. Untuk unsur penanganan pengaduan, saran dan masukan berupa tidak ada petugas khusus untuk melayani langsung pengaduan, saran dan masukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pelayanan Publik, Kepuasan Msyarakat, Indeks Kepuasan Masyarakat
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif
Depositing User: Admin TO
Date Deposited: 14 Jun 2023 07:33
Last Modified: 14 Jun 2023 07:33
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1176

Actions (login required)

View Item View Item