AMIROH, TACHIYATUL (2020) MITIGASI DAN PENGENDALIAN RISIKO KESELAMATAN KERJA PADA UPTD PKB KABUPATEN BANYUMAS. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
17030391-KKW-ABSTRAK.pdf Download (485kB) |
|
Text (BAB 1)
17030391-KKW-BAB 1.pdf Download (286kB) |
|
Text (BAB 2)
17030391-KKW-BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (429kB) |
|
Text (BAB 3)
17030391-KKW-BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (428kB) |
|
Text (BAB 4)
17030391-KKW-BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB 5)
17030391-KKW-BAB 5.pdf Download (282kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
17030391-KKW-LAMPIIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (476kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis dalam proses kegiatan pengujian yang melibatkan manusia, alat uji dan kendaraan bermotor yang dapat mencemari lingkungan dengan emisi gas buang yang dihasilkan, getaran dan kebisingan yang ditimbulkan melalui tahapan proses pengujian memiliki risiko bahaya dengan tingkat risiko yang berbeda sesuai dengan alat dan bahan yang digunakan. Setiap tempat kerja dimana dilakukan suatu proses kerja mengandung risiko atau bahaya yang berasal dari manusia, mesin, alat kerja, dan material lainnya. Untuk menghilangkan atau mengurangi kasus ataupun kerugian yang dialami oleh petugas penguji maka dilakukan serangkaian kegiatan identifikasi bahaya dan penilaian risikonya dengan metode yang ada di perusahaan tersebut, kemudian dilakukan penilaian tingkat risiko bahaya dan bagaimana tindakan pengendalian yang dilakukan di UPTD Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif untuk meneliti potensi bahaya dan penyebab terjadinya dampak keselamatan dan kesehatan kerja petugas penguji pada gedung pengujian Kabupaten Banyumas. Mitigasi dilakukan dengan tujuan untuk menghadapi jenis-jenis bencana agar tidak terjadi bencana yang tidak diinginkan. Berdasarkan hasil observasi terdapat potensi yang dapat membahayakan petugas penguji dalam kegiatan pengujian. Berdasarkan jenis kegiatan yang dilakukan maka di urutan pertama proses pengujian bagian bawah kendaraan sebesar 27%, diurutan kedua pengujian emisi sebesar 17%, di urutan ketiga pengujian sistem rem sebesar 15% dan pengujian speedometer sebesar 15%, keempat pengujian kuat pancar lampu sebesar 10%, kelima pra uji sebesar 9% dan terakhir pengujian sound level sebesar 6%. Potensi yang paling membahayakan adalah paparan emisi gas buang kendaraan uji dan komponen kelistrikan alat uji.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Pengujian Kendaraan Bermotor, Mitigasi |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif |
Depositing User: | Admin TO |
Date Deposited: | 13 Jun 2023 00:53 |
Last Modified: | 13 Jun 2023 00:53 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1145 |
Actions (login required)
View Item |