PENGARUH SUHU DAN BAHAN BAKAR TERHADAP EMISI GAS BUANG (CO/HC) PADA MOBIL BENSIN DENGAN SISTEM EFI

OKTASARI, NIDA (2019) PENGARUH SUHU DAN BAHAN BAKAR TERHADAP EMISI GAS BUANG (CO/HC) PADA MOBIL BENSIN DENGAN SISTEM EFI. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
16030322-KKW-ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB 1)
16030322-KKW-BAB 1.pdf

Download (384kB)
[img] Text (BAB 2)
16030322-KKW-BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (732kB)
[img] Text (BAB 3)
16030322-KKW-BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 4)
16030322-KKW-BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5)
16030322-KKW-BAB 5.pdf

Download (510kB)

Abstract

Pelaksanaan Pengujian Emisi Kendaraan Bermotor bertujuan untuk mengurangi adanya kemungkinan dampak pencemaran lingkungan. Hal tersebut selaras dengan kebijakan pemerintah Indonesia menuju Euro 4 (empat). Untuk mengetahui besarnya dampak pencemaran udara maka dilakukan penelitian pengaruh suhu terhadap kadar CO dan HC pada pertalite dan pertamax turbo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan melakukan eksperimen membandingkan pengaruh 2 (dua) jenis bahan bakar yang berbeda RON pada kendaraan Toyota Avanza Tipe G VVTi 1300 cc. Hasil penelitian berupa perbandingan suhu menggunakan kedua bahan bakar tersebut dengan hasil uji emisi berupa kadar CO dan HC. Analisis data hasil percobaan di olah melalui alat uji statistik (SPSS versi 25) menggunakan uji distribusi, uji korelasi, uji regresi linear dan uji hipotesis untuk menentukan adakah pengaruh suhu mesin terhadap kadar CO dan HC dari emisi gas buang. Berdasarkan data penelitian yang diperoleh menyatakan ada hubungan negatif (-) yang signifikan antara X (suhu) dengan Y (CO/HC) serta hipotesis diterima karena t hitung CO dan HC lebih kecil dari t tabel. Persamaan regresi linear yang diperoleh CO menggunakan jenis bahan bakar pertalite yaitu Y = 4,035 – 0,044X dan persamaan regresi linear HC yang diperoleh adalah Y = 475,570 – 3,766X. Sedangkan untuk persamaan regresi linear CO yang diperoleh dari bahan bakar pertamax turbo adalah Y = 5,202 – 0,061X serta persamaan HC�nya adalah Y = 647,010 – 5,646X

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Euro 4, Uji Emisi (CO/HC), Toyota Avanza Tipe G VVTi, Normalitas, Korelasi, Regresi Linear.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif
Depositing User: Admin TO
Date Deposited: 08 Jun 2023 07:34
Last Modified: 08 Jun 2023 07:34
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1102

Actions (login required)

View Item View Item