RAMADAN, ALDINO (2020) ANALISIS PENERAPAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA PROSES PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR DENGAN MENGGUNAKAN METODE HAZARD IDENTIFICATION RISK ASSESMENT DI UP PKB PULOGADUNG. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
17030365-KKW-ABSTRAK.pdf Download (337kB) |
|
Text (BAB 1)
17030365-KKW-BAB 1.pdf Download (268kB) |
|
Text (BAB 2)
17030365-KKW-BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (288kB) |
|
Text (BAB 3)
17030365-KKW-BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (526kB) |
|
Text (BAB 4)
17030365-KKW-BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB 5)
17030365-KKW-BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (267kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
17030365-KKW-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (557kB) |
Abstract
Pengujian Kendaraan Bermotor adalah serangkaian kegiatan menguji dan atau memeriksa setiap komponen dan bagian kendaraan untuk memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan. Unit Pelaksana Pengujian Kendaraan Bermotor Pulogadung adalah salah satu unit kerja yang menyelenggarakan layanan pengujian kendaraan bermotor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi bahaya yang terkandung dalam proses pengujian teknis kendaraan bermotor menggunakan metode Hazard Identification Risk Assesment pada Unit Pelaksana Pengujian Kendaraan Bermotor Pulogadung, serta tingkat resiko yang ditimbulkan akibat dari potensi bahaya tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Kuantitatif, data yang penulis himpun bersumber dari seluruh penguji dilingkungan UP PKB Pulogadung. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi partisipatif lengkap dengan instrumen Checklist Observasi serta ditunjang dengan adanya dokumentasi penelitian. Data dari identifikasi bahaya serta analisis tingkat resiko pengujian teknis pada UP PKB Pulogadung didapati hasil berupa tabel yang memuat tingkat frekuensi kejadian dan tingkat keparahan yang ditimbulkan, yang menjadi dasar penentuan tingkat kategori resiko proses pengujian kendaraan bermotor. Setelah mengetahui potensi bahaya serta tingkat resiko, selanjutnya penulis merekomendasikan teknik pengendalian potensi bahaya pengujian teknis, agar tercapainya keselamatan dan kesehatan dalam bekerja. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa UP PKB Pulogadung belum adanya sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja sehingga pengendalian terhadap potensi bahaya dan penilaian resiko kerja penguji belum terlaksana dengan baik, serta terdapat potensi bahaya yang dapat membahayakan penguji dalam melaksanakan kegiatan proses pengujian kendaraan bermotor yaitu didapati untuk penilaian resiko dalam kategori trolerabel risk 49%, kategori moderate risk 35% dan kategori substansial risk yaitu 16%, untuk potensi bahaya dalam gedung pengujian adalah paparan emisi gas buang kendaraan dan potensi bahaya paling tinggi yaitu pada saat melaksanakan pengujian bagian bawah kendaraan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keselamatan Kerja, Hazard Identification Risk Assesment |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif |
Depositing User: | Admin TO |
Date Deposited: | 24 Mar 2023 02:56 |
Last Modified: | 24 Mar 2023 02:56 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1021 |
Actions (login required)
View Item |