PEMERIKSAAN TEKNIS DAN PENILAIAN KELAIKAN JALAN PADA UNIT PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN BEKASI (STUDI KASUS : PENGUJIAN BRAKE TESTER JENIS PENGEREMAN AIR OVER HYDRAULIC PADA MERK HINO FL260TI DAN FULL AIR BRAKE PADA MERK ISUZU GIGA FVM34U)

AGASI, ANDRE (2019) PEMERIKSAAN TEKNIS DAN PENILAIAN KELAIKAN JALAN PADA UNIT PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN BEKASI (STUDI KASUS : PENGUJIAN BRAKE TESTER JENIS PENGEREMAN AIR OVER HYDRAULIC PADA MERK HINO FL260TI DAN FULL AIR BRAKE PADA MERK ISUZU GIGA FVM34U). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
16030271-KKW-ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
16030271-KKW-BAB 1.pdf

Download (303kB)
[img] Text (BAB 2)
16030271-KKW-BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (755kB)
[img] Text (BAB 3)
16030271-KKW-BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB)
[img] Text (BAB 4)
16030271-KKW-BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5)
16030271-KKW-BAB 5.pdf

Download (476kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16030271-KKW-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (924kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat konsep pedoman pengujian Brake Tester yang didasarkan pada hasil pengamatan penulis bahwa pelaksanaan pengujian Brake Tester belum dilakukan secara optimal di Unit Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Kabupaten Bekasi. Berdasarkan pengamatan ini penulis juga mengkaji terkait profesi penguji yang profesional dalam melakukan pekerjaannya. Penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan bentuk studi kasus pada pengujian Brake Tester kendaraan Hino FL260TI dan Isuzu Giga FVM34u berjenis mesin Diesel dengan menggunakan teknologi sistem sistem pengereman Air Over Hydroulic untuk kendaraan Hino FL260TI dan Isuzu Giga FVM34u Full Air Brake. Sebagai contoh dari penerapan konsep kerangka pedoman pemastian persyaratan teknis sesuai kaidah-kaidah diagnosis prognosis dan penilaian kelaikan jalan sesuai kaidah-kaidah analis laboratorium. Penulis menganalogikan cara pemeriksaan pada profesi Dokter dan penilaian pada analis laboratorium sebagai acuan dalam pembuatan konsep kerangka pedoman tersebut. Analisa data pada penelitian ini menggunakan metode triangulasi antara hasil observasi penulis, wawancara dengan dokumentasi di Unit Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Kabupaten Bekasi . Hasil dari penelitian ini adalah sebuah konsep kerangka dari pedoman pemastian persyaratan teknis sesuai dengan kaidah-kaidah diagnosis prognosis dan penilaian kelaikan jalan sesuai dengan kaidah-kaidah analis laboratorium pada pengujian Brake Tester yang dapat digunakan untuk semua jenis kendaraan dengan menggunakan sistem pengereman AOH dan FAB. Penerapan konsep tersebut diharapkan dapat membuat penguji agar melakukan pekerjaannya secara optimal sesuai keahliannya sehingga hasil uji menjadi berkualitas dan dapat dipertanggung jawabkan serta penguji dapat mengatasi apabila terjadi suatu permasalahan. Hal ini mewujudkan dari peran profesi penguji yang profesional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemastian persyaratan teknis, Penilaian kelaikan jalan, Sistem pengereman Air Over Hydroulic dan Full Air Brake, Brake Tester, Profesi.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif
Depositing User: Admin TO
Date Deposited: 24 Mar 2023 02:56
Last Modified: 24 Mar 2023 02:56
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1016

Actions (login required)

View Item View Item